MENGENAL MAKANAN KHAS KULON PROGO

Mengunjungi Kota Yogyakarta rasanya kurang apabila tidak mampir ke Kulon Progo. Kulon Progo menjadi salah satu tujuan wisata karena menyimpan banyak destinasi alam yang asri. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari mengunjungi wisata alam, mandi-mandi di kolam alami, menguji adrenalin, wisata kuliner, hingga memuaskan hasrat narsis dengan foto-foto.
Tempat di Kulon Progo yang biasanya menjadi tujuan wisata adalah Pantai Glagah, Waduk Sermo, Kebun Teh Nglinggo, Puncak Suroloyo, Hutan Mangrove, dan banyak juga destinasi curug / air terjun yang bisa dikunjungi. Ketika Anda mengunjungi Kulon Progo jangan lupa untuk mencicipi juga makanan khas di tempat itu. Berikut daftar makanan khas Kulon Progo yang tersajid tradisional namun cita rasa luar biasa.

1. GEBLEK
Geblek adalah makanan tradisional khas Kulon Progo yang dibuat dari bahan tepung tapioka dengan bumbu bawang yang digoreng gurih. Geblek sering disamakan dengan cireng, tetapi keduanya berbeda bentuk dan ukuran. Geblek biasa disajikan dengan warna putih, bentuknya serupa angka delapan, dan punya tekstur kenyal ketika dikunyah

2. BESENGEK
Besengek adalah olahan makanan sejenis tempe yang terbuat dari kacang benguk atau kacang koro. Bentuknya hampir sama dengan tempe kedelai, hanya saja kacang benguk ukurannya lebih besar dan memiliki rasa yang khas. Besengek dalam proses pembuatannya, direbus terlebih dahulu hingga empuk. Kemudian di masak bersama dengan santan dan bumbu khusus hingga meresap dan santannya jadi mengental.

3. GROWOL
Growol dibuat dari ketela yang dikupas kulitnya kemudian dicuci bersih. Ketela tersebut direndam selama tiga hari. Setelah 3 hari, air rendaman dibuang dan dicuci sembari diuleni dengan lembut. Selanjutnya ketela ini dikukus hingga matang lalu ditumbuk dan dicetak. Penyajiannya biasanya dengan dibungkus daun pisang. Makanan ini bisa bertahan sampai tiga hari.

4. PEYEK UNDUR – UNDUR
Peyek Undur-Undur ini banyak ditemukan di pantai Glagah. Rasa peyeknya gurih dan renyah. Bahan utamanya tentu undur-undur pantai yang digoreng dengan tepung beras dengan campuran tepung Kanji. Bumbu yang digunakan cukup sederhana, biasanya dicampur dengan kuah santan, bawang putih, ketumbar, garam, kencur, dan juga daun jeruk.

5. GULA SEMUT
Gula Semut pada umumnya berbeda dari Gula Pasir dan Gula Merah. Warnanya merah sama seperti Gula Jawa dan sama-sama terbuat dari Nira Pohon Kelapa. Hanya saja ukurannya berebntuk butiran kecil sepperti semut. Salah satu daerah pembuat Gula Semut di Kulon Progo ada di Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Gula ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh Kulon Progo.

Apabila Anda berencana mengunjungi Kulon Progo dengan membawa keluarga, rekan kerja atau juga mengadakan acara wisata di sana, tidak perlu bingung soal konsumsi. Anda bisa menghubungi Nasi Box Kulon Progo Bu Utin. Nasi Box Kulon Progo Bu Utin menyediakan pesana nasi box dan catering area Kulon Progo. Ada beragam variasi lauk dan paket yang anda bisa sesuaikan dengan bujet Anda. Apabila Anda berminat untuk pesan langsung, silakan datang ke alamat Nasi Box Kulon Progo Bu Utin di Kompleks Pasar Sentolo Lama di Sentolo, Anda bisa mecoba langsung food tester yang disediakan. Untuk informasi dan pemesanan silakan klik di sini